COVID-19

RESEP BERBUKA UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS #MENUBERBUKA #CORONA #DAYATAHANTUBUH #COVID19 #IMUNITAS

#COVID19 #MENUBERBUKA #DAYATAHANTUBUH#IMUNITAS
MENGENAL MANFAAT SUP REMPAH KERANG

Kerang hijau dan kerang dara adalah salah satu kerang yang paling sering kita jumpai. Kerang ini sering dijajakan, baik di restoran maupun di penjual kaki lima. Tekstur kenyal dengan banyaknya pilihan bumbu membuat kerang hijau menjadi salah satu makanan laut favorit. Bukan hanya enak di santap, ternyata manfaat kerang hijau bagi tubuh juga sangat banyak.

Karena kandungan nutrisinya, kerang hijau memiliki berbagai manfaat yang luar biasa bagi tubuh, bahkan bisa menjadi pembangun benteng pertahanan tubuh dengan kandungan Zink dan beberapa unsur protein di dalamnya, dan sangat cocok untuk menghindarkan diri kita dari segala serangan virus dan bakteri di masa pademi covid 19 saat ini. Berikut manfaat kerang hijau bagi kesehatan:

1. Mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh asma
Kerang hijau yang dikenal kaya nutrisi membuat sekelompok peneliti mencari tahu khasiatnya untuk kesehatan. Menurut sebuah penelitian dari Emelyanov, dkk., kerang hijau terbukti membantu melancarkan pernapasan dan mengurangi terjadinya gejala-gejala yang ditimbulkan dari asma.

2. Mengurangi gejala yang ditimbulkan osteoarthritis

Setidaknya ada empat penelitian yang mengamati efek kerang hijau pada pasien yang mengidap osteoarthritis. Pasien dengan osteoarthritis akan merasakan nyeri di sendi akibat adanya pembengkakan yang timbul karena gesekan antar ujung tulang penyusun sendi.

3. Mengurangi gejala yang ditimbulkan rematik
Manfaat kerang hijau lainnya adalah dapat mengurangi rasa sakit pada orang yang menderita rematik. Penyakit yang juga dikenal dengan rheumatoid arthritis ini terjadi karena adanya pembengkakan di sendi yang juga menyebabkan sendi menjadi kaku.

4. Menurunkan risiko peradangan
Selain ikan-ikanan yang terkenal dengan kandungan tinggi omega-3. Ternyata kerang juga menawarkan asam lemak esensial yang cukup banyak, seperti docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA), yang merupakan bentuk dari omega-3.

Dengan mengonsumsi kerang hijau, maka kita dapat mempertahankan tingkat jaringan asam lemak omega-3 dalam tubuh yang tentunya baik bagi kesehatan.
5. Meningkatkan kesehatan jantung dan otak
Selain mengandung asam lemak omega-3, kerang hijau juga mengandung vitamin B12 yang tinggi. Kedua zat tersebut dikenal sebagai nutrisi yang sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung. Beberapa penelitian telah mengaitkan konsumsi asam lemak omega-3 dari kerang yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Dengan nutrisi yang sama, yakni omega-3 dan vitamin B12, kerang juga berfungsi untuk menjaga kesehatan otak.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh
Sistem kekebalan tubuh yang baik dapat menangkal bakteri jahat yang membuat tubuh Anda sakit. Kerang hijau sarat akan zinc yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Mineral ini diperlukan untuk mengembangkan sel-sel yang mendukung daya tahan tubuh, serta bertindak sebagai antioksidan yang dapat melindungi kerusakan sel tubuh jika terjadi peradangan.

7. Membantu mencegah terjadinya anemia
Dalam kondisi anemia, seseorang akan mengalami kekurangan sel darah merah yang sehat di dalam darahnya. Untuk mengatasinya, kita harus memastikan asupan nutrisi yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah.