COVID-19

Pakar China Klaim Vaksin Covid-19 Segera Siap Digunakan Akhir Tahun hingga Kecam Herd Immunity

TRIBUN-VIDEO.COM – Ahli Pernapasan China, Zhong Nanshan menyebut China akan memiliki vaksin Virus Corona yang siap digunakan untuk keadaan darurat pada awal musim gugur ini

Prediksi Zhong senada dengan pernyataan Kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China Gao Fu.

Dikutip dari Tribunnewswiki.com, mereka sedang menyusun pedoman untuk menentukan siapa yang akan memenuhi syarat untuk menerima vaksin.

Selain itu kapan meminumnya, dan apa yang akan menjadi pengguna darurat.

Kepala Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS, Anthony Fauci, juga telah membuat komentar serupa, mengatakan 100 juta dosis mungkin siap pada akhir tahun bahkan sebelum akhir uji klinis.

Zhong pun mengecam metode herd immunity untuk melawan Corona.

Ia mengatakan bahwa herd immunity tanpa intervensi tidak dapat dicapai tanpa angka kematian yang tinggi.

“Kekebalan alami membutuhkan 60 hingga 70 persen populasi suatu negara untuk terinfeksi oleh virus corona baru, yang dapat menyebabkan korban jiwa 30 hingga 40 juta. Satu-satunya solusi masih vaksinasi massal,” kata Zhong, dilansir dari laman South China Morning Post, Selasa (9/6/2020).

Zhong menegaskan satu-satunya solusi masih vaksinasi massal.

Saat ini ada lima vaksin dikembangkan oleh para ilmuwan China yang menurut buku putih pemerintah China.

Salah satu kandidat vaksin, yang dikembangkan oleh Beijing Institute of Biological Products.

Data mengungkapkan bahwa vaksin dapat memberikan perlindungan yang sangat efisien pada kera.

Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan.

“Secara keseluruhan, semua hasil ini menunjukkan bahwa [vaksin] dosis rendah dan dosis tinggi memberikan perlindungan yang sangat efisien terhadap Sars-CoV-2 di kera tanpa diamati peningkatan infeksi yang tergantung pada antibodi,” tulis para peneliti.

Yang Xiaoming, ketua China National Biotec Group, perusahaan induk dari Beijing Institute of Biological Products, mengatakan kelompok itu berfokus pada pengembangan vaksin yang tidak aktif karena berpengalaman dalam bidang ini dan mereka bisa menjadi diproduksi dengan aman.

Anak perusahaan lainnya, Institut Produk Biologi Wuhan, juga sedang melakukan uji coba manusia terhadap vaksin lain yang tidak aktif.

Pakar vaksin Shanghai, Tao Lina mengatakan teknologi vaksin yang berbeda memiliki kelebihan dan kekurangan dan masih terlalu dini untuk menentukan jenis vaksin mana yang akan siap untuk digunakan terlebih dahulu. (Tribun-video.com/ Rena Laila)

Artikel ini telah tayang di TribunnewsWiki.com dengan judul “Kabar Baik, Pakar China Sebut Vaksin Virus Corona Siap Digunakan pada Akhir Tahun”