COVID-19

Peneliti ITB Berikan Prediksi Berakhirnya Pandemi Covid-19 di Indonesia

TRIBUN-VIDEO.COM – Pandemi Virus Corona memakan korban di Indonesia maupun berbagai berlahan dunia terus bertambah setiap harinya.

Lalu kapan pandemi virus corona akan berakhir?

Sejumlah pakar luar negeri dan peneliti ITB memberikan prediksinya.

Prediksi penyebaran virus corona di Indonesia telah diteliti oleh peneliti Institus Teknologi Bandung (ITB).

Sebelumnya, ITB memprediksi puncak penyebaran Covid-19 di Indonesia terjadi pada akhir Maret 2020 dan berakhir pada pertengahan April 2020 dengan kasus harian terbesar di angka sekitar 600.

Namun, prediksi tersebut telah mengalami pergeseran saat ini.

Pusat Pemodelan Matematika dan Simulasi (P2MS) ITB menggunakan model Richard’s Curve Korea Selatan.

Menurut salah satu tim peneliti, Dr. Nuning Nuraini, S.Si, M.Si, penyebaran virus corona akna mencapai puncaknya pada minggu kedua atau ketiga April.

Sedangkan pandemi virus corona akan berakhir di Indonesia pada akhir Mei atau awal Juni.

“Puncak akan bergeser di sekitar minggu kedua atau ketiga April dan berakhir di akhir Mei atau awal Juni,” katanya, Senin (23/3/2020).

Sementara itu, Perdana Menteri Inggris, Boris Johson yakin negaranya dapat pulih kembali dalam waktu 12 minggu atau sekitar 3 bulan.

Ekonom kesehatan global di Harvard Chan School of Publich Health menyebut bahwa lockdown diperlukan setidaknya satu atau dua bulan.

Terkait lockdown yang dilakukan sejumlah negara, WHO menyebut pilihan tersebut tak bisa digunakan untuk memerangi corona.

Hingga saat ini, para peneliti masih berusaha mencari vaksin untuk virus corona.
(Tribun-video.com/ Rena Laila)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Korban Terus Bertambah, Kapan Pandemi Virus Corona akan Berakhir? Ini Prediksinya,