COVID-19

Vitamin Peningkat Imun Tubuh Alami || SMP Plus Al Kautsar Malang

TEKS REKAMAN PERCOBAAN
MEMBUAT KAPSUL EKSTRAK “TTM” (TIMUN TOMAT BAYAM) SEBAGAI VITAMIN IMUNITAS TUBUH
Disusun Oleh:
Khalila Fatimatuz Zahra, Priscilia Dirgariesta, Zahra Dien Rizkiyananingrum, Muhammad Nilnan Najah, Mujahid Husain

Imunitas atau dikenal dengan istilah antibodi merupakan sejenis protein berukuran sangat kecil yang mengalir dalam darah. Antibodi dibentuk oleh sel darah putih yang bertujuan membantu tubuh melawan bakteri atau virus yang ada dalam tubuh.
Setiap orang tentu memiliki imunitas dalam tubuhnya. Banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan memiliki imunitas yang baik. Salah satunya adalah menghindari tubuh dan kesehatan dari penyakit. Banyak penyakit yang menyerang akibat kondisi imunitas seseorang yang kurang optimal. Oleh sebab itu, imunitas tubuh harus selalu terjaga.
Adapun jenis imunitas tubuh tersebut dapat kita buat secara alami dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapat di sekitar kita. Salah satunya adalah membuat kapsul ekstrak “TTM”.Ekstrak tersebut berfungsi sebagai zat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan meningkatkan stamina yang alami karena tidak mengandung bahan kimia yang dikemas secara praktis dalam bentuk kapsul.

Alat dan bahan yang dibutuhkan
1) Alat
a. Pisau
b. Telenan
c. Blender
d. Wajan
e. Spatula / Pengaduk
f. Kompor
g. Timbangan (tambahan)
h. Saringan
i. Wadah
j. Sendok
k. Sedotan

2) Bahan
a. Timun 100 gram
b. Tomat 100 gram
c. Bayam 100 gram
d. Kapsul 10 biji
e. Air 30 ml

Langkah-langkah
1) Pertama, cuci bahan – bahan (timun, tomat, dan bayam) dengan air mengalir hingga bersih.
2) Kedua, potong kecil – kecil bahan yang sudah dicuci.
3) Ketiga, jika menggunakan tumbukan, tumbuk bahan-bahan tanpa menggunakan air. Jika menggunakan blender, haluskan bahan – bahan yang sudah dipotong dengan tambahan air 30 ml, jangan terlalu halus dan jangan terlalu kasar.
4) Keempat, saring bahan yang sudah di haluskan, sampai tersisa ampasnya saja
5) Kelima, sangrai ampas hingga benar – benar kering
6) Keenam, ampas yang sudah disangrai bisa di masukkan ke kapsul dengan sendok kecil dan bantuan sedotan
7) Ketujuh, simpan hasil ditempat yang suhunya normal, tetapi usahakan tempat tersebut tidak lembab

Hasil Percobaan
Berdasarkan hasil percobaan dihasilkan kapsul ektrak peningkat imunitas tubuh alami yang cocok untuk dikonsumsi dimasa pandemi seperti sekarang, karena ekstrak tersebut berupa kapsul yang pastinya terjaga kandungan vitaminnya serta praktis dan higienis saat dikonsumsi.

Kesimpulan
Kekebalan tubuh harus senantiasa kita jaga agar terhindar dari berbagai virus penyakit. Kita dapat membuat sendiri kapsul ekstrak vitamin peningkat imun tubuh dengan bahan yang alami, tanpa menggunakan bahan kimia sedikit pun. Dengan bahan yang mudah ditemukan dan cara pembuatannya yang mudah, kita dapat membuat sendiri di rumah dan mengonsumsi kapsul vitamin yang tentunya sangat berguna untuk meningkatkan imun kita disaat era pandemi covid-19 saat ini.