COVID-19

Tiga pasien positif Covid 19 asal kabupaten sumedang dinyatakan sembuh

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG – Tiga pasien positif Covid-19 asal Desa Jatihurip, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di rumahnya masing-masing.

Tiga pasien tersebut merupakan tenaga kesehatan (Nakes) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang dan Nakes Puskesmas Situ, Kecamatan Sumedang Utara.
Kepala Desa Jatihurip, Deden Wahidin mengatakan, sebetulnya, warga Jatihurip yang yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu ada empat orang, termasuk tiga orang tenaga kesehatan.
“Alhamdulillah tiga orang sudah dinyatakan negatif dan sehat oleh pihak Dinas Kesehatan Sumedang,” ujarnya disela pelepasan pasien sembuh di Desa Jatihurip, Selasa (25/8/2020).

Ia mengatakan, warganya yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut menjalani isolasi mandiri selama 14 hari, setelah menjalani tes swab massal di RSUD Sumedang.

Namun, pihaknya memastikan, warganya yang dinyatakan positif Covid-19 itu, tidak memiliki gejala atau orang tanpa gejala (OTG), sehingga mereka hanya perlu melakukan isolasi mandiri di rumahnya.

“Sekarang tinggal satu orang lagi yang masih isolasi di rumahnya, mudah-mudahan cepat sembuh,” kata Deden.

Ia mengatakan, selama mereka menjalani isolasi mandiri, kebutuhan warganya terus dipantau oleh pihak desa, dengan memberikan keperluan makan, dan juga vitamin.

Selain itu, lingkungan sekitar rumah tinggal pasien juga dilakukan penyemprotan cairan disinfektan.

“Mereka kan tenaga medis, jadi tahu bagaiamana prosedur isolasi mandiri. Dan mulai sekarang warga kami yang dinyatakan sembuh sudah bisa bekerja dan beraktifitas seperti biasa lagi,” ucapnya.

AR, Nakes yang sembuh, mengatakan, selama menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di rumahnya, dirinya terpaksa harus tinggal sendirian untuk mencegah penyebaran virus Corona terhadap semua anggota keluarganya.

“Jadi, keluarga semuanya kan terpisah atau tidak tinggal bareng. Saya juga cek suhu tubuh normal dan tidak ada keluhan apapun,” ujarnya.

Selama menjalani isolasi mandiri itu, dirinya juga terus melakukan olahraga, berjemur, makan makanan yang bergizi, dan minum vitamin meskipun dirinya termasuk pasien tanapa gejala (OTG).

“Saya juga gak ada keluhan, kalau ada keluhan pasti diisolasinya juga di rumah sakit. Jadi, agar tidak terpapar dari orang lain, isolasinya di rumah,” katanya.(*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Hari Ini, Tiga Tenaga Kesehatan yang Positif Covid-19 di Sumedang Dinyatakan Sembuh,
Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Video Production: Uben

Subscribe:
Upload Terbaru:
Paling Populer:

MEDIA SOCIAL & WEB Official Website:
Instagram :
Twitter :
Facebook :
Fan Page FB :

#tribunjabarvideo